Ciri-ciri Aki Motor yang Perlu Segera Diganti!


Banyak sekali komponen-komponen pada motot yang perlu diperhatikan dan dicek secara berkala. Misalnya saja, oli yang berfungsi sebagai pelumas mesin motor karena itulah sangat penting untuk diganti secara rutin dengan oli motor terbaik demi kesehatan mesin dan juga umur mesin yang panjang. Selain oli, komponen lainnya yang wajib dicek adalah aki. 

Ya, aki merupakan salah satu komponen penting pada motor yang berperan sebagai baterai untuk menghidupkan keseluruhan mesin motor. Jika tidak ada aki, motor tentu tidak akan dapat bekerja atau menyala dengan baik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa aki motor tetap dalam kondisi prima ketika hendak menggunakannya. 

Lantas, bagaimanakah cara mengetahui jika aki sedang bermasalah atau perlu untuk diganti? Berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

1. Umur aki

Umur aki merupakan hal yang paling mudah untuk dijadikan sebagai tolak ukur apakah aki perlu diganti atau tidak. Biasanya, aki yang sudah berusia 2 tahunan perlu untuk dilakukan pengecekkan karena sudah lama digunakan sehingga akan lebih baik jika dilakukan penggantian sebelum aki benar-benar tidak bisa digunakan.

2. Susah starter

Aki yang sudah rusak atau perlu dilakukan penggantian biasanya juga menunjukkan tanda-tanda lainnya seperti sulit menyalakan mesin. Biasanya, jika aki sudah perlu untuk diganti, maka menyalakan mesin pada motor pun perlu dilakukan berkali-kali hingga benar-benar menyala.

3. Tegangan kurang dari 10 volt

Hal lainnya yang bisa Anda cek ketika aki mengalami penuaan adalah voltase aki. Jika penunjuk voltase memperlihatkan angka di bawah 9 volt, maka kondisi aki Anda berarti sudah memburuk dan perlu dilakukan penggantian sesegera mungkin.

4. Suara klakson dan nyala lampu

Aki yang sudah melemah atau bahkan rusak biasanya juga menunjukkan tanda-tanda lainnya seperti bunyi klakson pada motor menjadi tidak sekencang biasanya dan juga cahaya lampu sen maupun lampu depan menjadi lebih redup atau bahkan mati.

5. Lampu indikator aki

Tidak selalu harus menunggu sampai mengeluarkan gejala-gejala yang seperti sudah disebutkan di atas, biasanya motor juga bisa mengindikasikan bahwa aki mengalami masalah atau perlu dilakukan penggantian yang bisa dilihat dari lampu indikator aki di dashboard. Apabila aki memang perlu untuk diganti, motor biasanya bisa mendeteksinya sendiri dan menyalakan lampu indikatornya di dashboard.

6. Mati secara total

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau aki merupakan komponen utama yang dapat menghidupkan mesin. Maka dari itu, jika aki rusak, habis, atau perlu untuk diganti, maka motor tentu saja tidak akan bisa menyala saat di-starter. Bila sudah begini, Anda tentu harus segera menggantinya agar Anda bisa menyalakan dan menggunakan motor kembali.

 Nah, demikianlah sederet tanda-tanda yang menunjukkan bahwa aki motor Anda perlu untuk diganti. Semoga bermanfaat, ya!