Cara Memilih Investasi Online Aman


How to Choose a Safe Online Investment

Investasi adalah cara mengelola keuangan yang efektif dan banyak digemari masyarakat saat ini. Belakangan berinvestasi secara online banyak dilakukan karena memiliki berbagai keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah dana yang diinvestasikan dijalankan oleh broker profesional. Sehingga anda hanya perlu menyiapkan dana kapan saja dan dimana saja secara online.

4 Cara Memilih Investasi Online Aman


Investasi online mulai banyak dikenal di Indonesia. Berinvestasi ini sangat mudah dilakukan karena setiap orang saat ini pasti memiliki smartphone sebagai syarat utamanya. Melalui smartphone tersebut anda dapat berinvestasi dan membiarkan uang bekerja untuk menghasilkan keuntungan. Namun pilihlah platform yang terpercaya dan aman dengan memperhatikan 4 hal di bawah ini.

1.Keuntungan yang Wajar
Jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang tinggi namun tidak masuk akal. Keuntungan dari hasil berinvestasi harus wajar untuk memastikan keamanannya. Jika anda menemukan situs online yang menjanjikan keuntungan tinggi dengan waktu yang singkat, maka sebaiknya periksalah lebih lanjut legalitas situs tersebut.

Lembaga bodong yang berkedok situs terpercaya dengan banyak testimoni bohong akan menawarkan keuntungan bagi hasil tinggi. Misalnya sebuah situs menawarkan keuntungan investasi hingga 5 persen dalam satu bulan, berarti 60 persen dalam satu tahun. Sedangkan yang normal keuntungan hanya sampai 15 hingga 20 persen dalam satu tahun.

2.Legalitas
Legalitas adalah hal utama yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi baik secara online atau offline. Situs untuk berinvestasi secara online harus taat hukum dan mendapat izin dari OJK.  Begitu juga produk-produk sebagai sarana berinvestasi yang ditawarkan oleh platform tersebut, harus memiliki izin dan persetujuan dari OJK.

Agar tidak tertipu, anda dapat melakukan pengecekan secara langsung dengan mengunjungi kantor atau menghubungi pihak OJK.  Jika anda menemukan lembaga online yang mencurigakan maka sebaiknya segera laporkan ke pihak berwenang. Hal ini untuk mencegah korban penipuan yang mungkin muncul dimasa akan datang.

3.Pahami Produk dan Skema yang Ditawarkan
Produk untuk berinvestasi sangat beragam, tergantung dengan lembaga yang menawarkan. Lembaga yang memiliki izin akan menjelaskan bagaimana produk tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang wajar. Selain itu semua sistem bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan akan dibahas dengan jelas sebelum anda berinvestasi.

Hindari berinvestasi pada lembaga online yang menggunakan skema Ponzi. Skema ini menggunakan uang yang diinvestasikan untuk membangun lembaga tersebut. Sedangkan keuntungan hanya didapatkan jika anda yang berinvestasi mendapat anggota baru. Sistem ini juga menerapkan target tertentu sehingga jika anda tidak mencapai target maka dana yang diinvestasikan akan hilang.

4.Organisasi Jelas
Platform yang kredibel akan memiliki struktur organisasi yang jelas dan tertata dengan baik. Salah satu cirinya adalah orang-orang yang ada dibaliknya memiliki latar belakang mumpuni. Dalam situs penyedia jasa untuk berinvestasi online ini biasanya latar belakang pendidikan dan pengalaman para staf akan ditampilkan. Pengalaman yang dimaksud tentunya berkaitan dengan cara berinvestasi.

Anda juga bisa mulai mencari referensi di internet tentang organisi tersebut. Referensi tersebut dapat digunakan untuk mengecek apakan lembaga tersebut memiliki reputasi baik. Alamat fisik kantor juga disertakan di dalam situs, mengunjungi kantor dapat dilakukan jika kebetulan dekat lingkungan perumahan anda

Investasi aman secara online dapat anda lakukan dengan mengunjungi situs Amartha.com. Anda dapat berinvestasi dimana saja dan kapan saja sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Keuntungan yang diperoleh merupakan bagi hasil antara pengusaha yang didanai dan anda sebagai penyedia dana. Pengusaha potensial yang anda danai berasal dari desa-desa yang terpencil.