Ini Dia Jenis Vaksin yang Digunakan untuk Imunisasi DPT

1. Vaksin DPT dari Indonesia

Imunisasi merupakan hal yang dapat diberikan kepada bayi untuk menjaga kesehatan bayi. Dimana salah satu imunisasi wajib adalah imunisasi DPT yang merupakan imunisasi yang akan memberikan vaksin dasar pada bayi. Imunisasi dasar sendiri adalah imunisasi pertama kali yang akan diterima ketika bayi dan dapat untuk keuntungan bayi. Imunisasi tersebut merupakan imunisasi pertama kali sedangkan untuk imunisasi selanjutnya yang akan diterima adalah imunisasi lanjutan.

Imunisasi tentu saja mempunyai banyak manfaat yang akan didapatkan. Sehingga orangtua wajib untuk memberikan imunisasi terutama jenis imunisasi dasar pada anak. Adapun untuk beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika anak sudah mendapatkan imunisasi adalah:
  1. Keuntungan pertama ketika anak sudah di imunisasi adalah dapat untuk menurunkan resiko penyakit yang akan dialami. Seperti misalnya penyakit polio yang merupakan salah satu vaksin di imunisasi dasar yang diberikan.
  2. Imunisasi juga aman dilakukan karena sudah teruji dan juga dibutuhkan oleh anak. Imunisasi mempunyai efek yang akan dialami oleh bayi seperti sakit hingga demam. Tetapi hal tersebut merupakan reaksi yang wajar pada tubuh bayi asalkan tidak membuat bayi alergi dan mempunyai reaksi yang berlebihan.
  3. Imunisasi juga sangat penting untuk dapat mencegah penyakit yang dapat timbul. Sehingga imunisasi dapat untuk menyelematkan generasi penerus dari berbagai penyakit yang dahulu belum bisa diobati.
Imunisasi DPT merupakan imunisasi dasar yang diberikan pada bayi usia 2, 4, hingga 6 bulan. Dimana DPT merupakan singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus yang merupakan penyakit yang bisa dicegah dengan menggunakan imunisasi ini. Ketika akan memilih imunisasi dasar ini, ada beberapa jenis vaksin yang bisa dipilih. Jenis vaksin tersebut akan mempunyai perbedaan harga dan juga reaksi dari bayi yang akan dirasakan. Selain itu jenis vaksin tersebut juga mempunyai kualitas yang berbeda, sehingga Anda bisa untuk memilih vaksin yang diberikan untuk imunisasi dasar sesuai dengan kebutuhan. Adapun untuk beberapa jenis vaksin yang bisa dipilih untuk imunisasi dasar adalah sebagai berikut ini:

1. Vaksin DPT dari Indonesia
Jenis vaksin pertama yang bisa dipilih adalah vaksin DPT yang merupakan produksi dari Indonesia. Vaksin dalam negeri ini mempunyai dua jenis vaksin yang bisa dipilih. Pertama adalah pentabio yang merupakan vaksin dengan isi lima yaitu fungsi untuk penyakit difteri, perteusis, tetanus, hepatitis b, dan polio. Untuk vaksin yang satu ini diberikan untuk bayi yang berusia 6 bulan dan juga mempunyai tujuan untuk memberikan lebih sedikit suntikan pada bayi. Jenis vaksin ini akan menyebabkan demam tinggi yang dialami oleh bayi setelah di vaksinasi. Reaksi tersebut karena komponen pertusis yang ada di dalam vaksin ini.

2. Vaksin DPT Belgia
Jenis selanjutnya adalah vaksin DPT dari Belgia yang menggunakan komponen pertusis yang tidak menyebabkan demam tinggi seperti vaksin dari Indonesia. Tetapi nantinya anak akan tetapi mengalami demam ringan. Pemberian vaksin ini mempunyai banyak manfaat dan juga dapat digabungkan sesuai dengan jadwal imunisasi. Seperti vaksin hepatitis b dan juga polio inaktif.

3. Vaksin DPT Prancis
Jenis vaksin terakhir yang bisa dipilih ketika akan memberikan imunisasi DPT adalah yang merupakan produksi dari Prancis. Vaksin ini juga mempunyai keunggulan yang akan bisa didapatkan. Seperti misalnya vaksin ini terkenal paling aman dan tidak akan menjadikan bayi demam. Tetapi vaksin ini juga mempunyai harga lebih mahal dibandingkan vaksin lainnya.